Kipas Sate

​Dua orang perempuan usia tiga puluhan sedang duduk di sebuah tenda pinggir jalan, memesan dua porsi sate ayam. Dari pakaian yang dikenakan, nampak mereka seperti karyawati di ibukota pada umumnya. Hari sudah pukul 20.15.
“Gue mau resign ah.”, kata perempuan yang berkacamata.
“Kenapa?”, tanya temannya yang berkerudung.
“Capek, lembur melulu.”
“Gak melulu kali, kalo kerjaan lagi banyak aja. Gue juga gitu.”
“Iya sih, tapi kayaknya bukan passion gue deh kerja disini.”, si perempuan berkacamata menyambut dua porsi sate ayam dan nasi yang diberikan tukang sate, satu disodorkan pada temannya.
“Emang lu pengennya kerja apa?”, perempuan yang berkerudung lanjut mengunyah.
“Yah… pengen kerjaan yang bisa traveling gitu deh. Kayaknya enak, jalan-jalan, nulis terus dapet duit.”
“Emang lu suka nulis? Paling nulis status.”, ledek temannya sambil tersenyum.
“Ih, ngeselin. Sukalah, makanya gue pengen kerjaan yang bisa menyalurkan hobi gue. Lagian gue bosen kerja di kantoran gini. Udah dua tahun, status masih kontrak.”
“Tapi kan gaji udah dinaikin, ntar juga diangkat jadi permanen…”
“Iya, tapi kan segitu doang naiknya. Pengen jugalah gue kayak temen-temen gue yang lain. Kalau lagi pada reunian gue liat hapenya keren-keren. Gue mesti nabung enam bulan dulu kalau mau hape keluaran baru.

Udah gitu gue juga pengen bisa   jalan-jalan kayak orang-orang. Kerjaan gue capek, mesti nanganin customer yang ngomel-ngomel melulu, mesti lembur. Kadang weekend masuk kantor.

Belum lagi bosnya ngeselin. Lagian gue boseeeeennn, kerjaan gue gitu-gitu doang….”
‘Prak!’, bunyi sesuatu dibanting.

Ada kipas sate jatuh di trotoar.
Laki-laki kurus berkulit gelap dengan kumis tipisnya bediri menghadap dua perempuan tersebut, dengan muka sebal dia menatap mereka,

“Mbak! Mbak bosen sama kerjaan mbak? Mbak pikir cuma mbak yang bosen sama kerjaan mbak?

Orang lain juga sama kayak mbak! Termasuk saya!. Saya juga suka bosen sama kerjaan saya mbak!. Udah dua puluh taun jualan sate! Tiap hari harus nyiapin dagangan yang itu-itu aja! Beli bumbu yang itu-itu aja!  Belum lagi saya mesti ngipasin sate ya gitu-gitu aja, mbak!. Kanan-kiri, kanan-kiri, kanan-kiri! Kadang maju mundur. 

Capek mbak!. Sama! Yang namanya cari duit itu capek. Tapi saya harus kerjain ini mbak, anak istri saya kan perlu makan, perlu biaya buat sekolah. Boro-boro saya mikirin beli hape sama jalan-jalan. Saya ngumpulin duit biar bisa bayar kontrakan, biar bisa ngasih sama orang tua saya di kampung, biar saya bisa mudik Lebaran nanti. 

Badan saya udah bau asep! Baunya nempel di baju, nempel di badan!.

Tapi saya bersyukur, paling nggak saya sama keluarga tiap hari masih bisa makan, masih bisa hidup. Maaf nih ya mba, bukan mau ngajarin, tapi idup itu jangan banyak ngeluh. Mesti banyak bersyukur…”
Si tukang sate itu memungut kipas satenya, membalikkan badan dan kembali melanjutkan mengipas sate.
Seorang laki-laki yang belakangan duduk memesan sate melirik pada dua perempuan itu, lalu kembali menatap ponselnya.
Si perempuan berkacamata menghampiri dengan canggung, “Berapa, pak?”
“Satenya dua, tiga puluh ribu. Minum gratis!”.
Setelah membayar, kedua perempuan itu beranjak pergi, menerobos asap dari gerobak sate. 

Malam mulai gerimis.

Leave a comment

Filed under Cerpen (ceritanya)

Leave a Reply

